Jumat, 25 Maret 2011

Visi Misi Menulis

P
ada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang Perihal dalam menulis dan saya telah menjabarkan hal tersebut dengan menyertakan pertanyaan dan jawabannya yang bisa membantu anda dalam dalam memulai menulis. Sekarang yang akan saya paparkan adalah mengenai visi dan misi menulis.

Visi
Yang ingin saya capai nuntuk jangka waktu antara sepuluh sampai duapuluh tahun mendatang adalah:
  1. Tulisan-tulisan saya dijadikan sebagai acuan oleh berbagai kalangan dalam menjalani kehidupannya.
  2. Tulisan-tulisan saya dijadikan bahan diskusi sejumlah kalangan dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka.
  3. Tulisan-tulisan yang saya buat menumbuhkan semangan dan memberi ilham kepada sejumlah pihak dan kalangan dalam perjuangan mereka mencapai sesuatu.
Misi
Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, maka ditetapkanlah upaya-upaya semisal berikut ini:

1. Latihan menulis secara teratur, dengan berbagai variasi jenis atau formatnya;
2.Mengirim tulisan-tulisan ke berbagaimedia cetak, baik untuk kalangan khusus maupun umum.
3.Mengikuti acara-acara lomba menulis di berbagai aras dan kesempatan.

Perlu diingat bahwa perubahan misi bisa saja dilakukan, tentunya dengan terlebih dahulu melakukan evaluasi diri dalam setiap jangka waktu tertentu. Antara misi butir pertama dengan butir-butir lainnya pun tidak mesti berdiri sendiri-sendiri (dengan kata lain, ada saling keterkaitan satu sama lain).

Satu hal yang perlu dicatat dan senantiasa diingat, berkait dengan aktivitas tulis-menulis, adalah:
dengan menulis (yang kemudian dimuat di suatu media), kita dapat mempengaruhi sebanyak-banyaknya orang. Apalagi, mengingat sifat tulisan itu sendiri yang "tak lekang oleh waktu" (bisa di baca dimana saja) dan serta "tak terbatas oleh ruang" (bisa di baca dimana saja) serta relatif mudah dan mudah membuatnya.

Sebagai penutup dalam bagian visi misi menulis ini, saya ingin mengatakan bahwa prinsip penting dalam menulis, apa pun bentuknya, adalah writing is rewriting. Juga, less is more, sederhana namun mencapai sasaran. Hal lain yang tak boleh dilupakan, menulis sebenarnya juga berarti pula berlatih menulis agar lebih baik dan lebih baik dalam menulis.

Semoga bermanfaat dan jangan menyerah..
:)

0 komentar:

Posting Komentar