Jumat, 25 Maret 2011

Ngeblog dengan blogger

M
embuat blog sudah bukan hal yang sulit lagi dewasa ini. Namun yang jadi pertanyaan, jasa penyedia blog mana yang baiknya kita gunakan? Ngeblog dengan blogger adalah jawabannya. Mengapa saya katakan demikian? Banyak yang merekomendasikan situs ini sebagai salah satu layanan penyedia blog gratis terbaik saat ini. Walaupun telah diakuisi oleh Google, namun Blogger.com malah semakin tumbuh dengan pesat seiring dengan menjamurnya pengguna blpg di seluruh penjuru dunia.

Membuat sebuah blog yang Anda inginkan dalam situs ini terbilang sangatlah mudah.
Jika Anda telah mengenal sedikit tentang kode HTML dasar, maka akan sangat membantu Anda dalam berkarya dengan blog Anda disini. Kemudahan lain dalam Blogger.com ini adalah, jika Anda telah memiliki blog sendiri dalam situs ini, maka Blogger.com tidak akan membatasi jumlah blogyang dapat Anda buat, alias Anda dapat membuat lebih dari sebuah blog dalam Blogger.com.

Anda dapat memilih desain interface blog dari template yang telah disediakan, atau jika anda telah menguasai desain web standar dengan HTML dan CSS maka Anda dapat merancangnya sendiri atau memodifikasi sesuai dengan keinginan untuk blog yang anda buat. Selain itu, blog yang anda buat dapat ditempatkan di server yang disediakan oleh Blogger.com, juga dapat anda tempatkan di layanan website lain.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Blogger.com adalah aplikasinya yang sangat mudah digunakan. Blogger.com merupakan salah satu penyedia layanan blog gratis pertama yang membuat blog menjadi begitu populer. Sampai saat ini pun Blogger.com tetap menjadi sebuah situs penyedia penyedia layanan blog saat ini blog yang paling banyak diminati selain alasa "gratis" nya. Kelebihan lain dari blogger adalah setiap blog yang dibuat di blogger.com sangat disukai  oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo, jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memahami teknik-teknik SEO (Search Engin Optimazitaion) yang rumit supaya blog anda dapat di-index oleh mesin pencari tersebut. Jika anda membuat blog dalam Blogger.com, maka Anda akan mendapatkan sebuah nama blog dalam situs ini dengan alamat http://namablog.blogspot.com.

Untuk memulai melakukan pembuatan blog, masuklah ke halaman pendaftaran blogger.com di http://www.blogger.com/ (klik atau copy paste link url tersebut ke tab browser anda untuk melakukan pembuatan blog).
Anda akan masuk ke halaman pembuatan blog dengan blogger, seperti gambar di bawah ini
Daftar Blog
Sekarang yang anda lakukan adalah mengklik "Get Started", dan mulailah pendaftaran blog.
Isilah form pendaftaran blog dengan benar dan jelas. Saya yakin, anda sudah mengerti dengan pengisian data blog yang akan anda buat. Tidak ada hal yang sulit yang akan anda hadapi selama pendaftaran blog anda.
saya bukannya tidak mau menyematkan gambar proses pendaftarannya disini, tetapi saya yakin anda bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan. Yakinlah pada diri anda, maka Anda akan mendapatkan yang anda mau.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar