Rabu, 23 Maret 2011

Sejarah blog dan penjabarannya

B
log pertama kemungkinan besar adalah halaman halaman "Apa yang terbaru?" (what's New) pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer, bahkan sebelum Netscape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin's Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.


Hingga pada tahun 1998, jumlah blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet System Administrator, atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan blog-blog mereka sendiri.


Jadi, apa sebenarnya blog itu?


Blog merupakan singkatan dari "web log" yang merupakan bentuk aplokasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program media dan perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang memperkenankan pengunjung untuk meninggalkan komentar atas isi dari  tulisan yang dipublikaskan, namun demikian ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat nont-interaktif. Kehadiran blog meniadakan masalah publikasi. Dengan adanya blog seseorang dapat mempublikasi konten secara teratur, bahkan bisa beberapa artikel per hari. Oleh karena selalu ter-update (setiap hari), mesin pencari seperti Google sangat menyukai blog. Kini cukup banyak blog yang mendapat rangking tinggi di mesin pencari.


Gagasan dan Perkembangan
Secara garis besar, dengan ngeblog, Anda bisa menuliskan gagasan dan perasaan. Anda bisa menceritakan apa yang terjadi. Blog merupakan online diari, tempat curahan hati dan berbagai rasa. Blog merupakan wahana tempat seseorang bisa mengapresiasi dan mengekspresikan berbagai ide dan gagasan. Bukan itu saja. Telah terbukti, blog dapat menjadi salah satu sarana guna meraup uang. Bukan hanya rupiah, tapi juga dollar. Sejauh ini cukup banyak metode yang bisa digunakan dan telah terbukti mendatangkan uang yang tidak sedikit.


   Jenis-jenis blog
    • Blog politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye misalnya).
    • Blog pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, kelihan, puisi atau syair, gagasan jahat, perbincangan teman.
    • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu.
    • Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan, dan lainnya.
    • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literry blog).
    • Blog hukum : Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
    • Blog media : berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistenan media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
    • Blog agama : Membahas tentang agama.
    • Blog pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
    • Blog petunjuk (directory) : Berisi ratusan link halaman website.
    • Blog bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegoatan promosi bisnis mereka.
    • Blog pengganggu (spam) : Digunakan untuk promosi bisnis affilate; juga dikenal sebagai "splogs" (Spam Blog).

0 komentar:

Posting Komentar